Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung –¬†Apakah kamu termasuk orang yang sedang mempersiapkan liburan untuk akhir tahun ini? Mungkin beberapa orang mulai berpikir kalau liburan ke tempat-tempat seperti wahana itu sudah mainstream dan ingin mencoba sesuatu hal yang agak berbeda dan bisa membawa pulang wawasan baru.

Di mana lagi kalau bukan berwisata ke museum! Selain refreshing, kita juga bisa memperoleh informasi dan menambah wawasan ketika memilih museum sebagai tujuan liburan kita. Tapi, apa ya museum yang recommended untuk dikunjungi? Tenang, di Bandung ada museum geologi yang akan banyak memberikan kamu informasi seputar bumi dan aspek-aspek geologi lainnya.

Harga Tiket Museum Geologi Bandung

Kabar bagus untuk kamu yang sudah memutuskan untuk berkunjung ke museum yang satu ini, karena ternyata harga tiket masuknya terbilang sangat murah. Kamu hanya akan dikenai tiket masuk dengan seharga Rp. 3000 saja untuk per orang, lho. Tempat pembelian tiketnya pun mudah dijangkau karena terletak di bagian paling depan museum.

Bahkan, bagi kamu yang masih pelajar atau mahasiswa, hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 2000 saja. Kamu hanya dimintai kartu pelajar / kartu mahasiswa untuk membayar tiket yang lebih murah tersebut.

Koleksi Museum Geologi Bandung

Bangunan museum ini diresmikan tepat saat diselenggarakannya Kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik IV di Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu pada tanggal 16 Mei 1929. Nah, Museum Geologi Bandung ini memiliki ratusan ribu koleksi batuan, mineral dan koleksi fosil.

Di lantai satu ruang sayap Barat, para pengunjung bisa melihat hipotesis terjadinya bumi yang ditayangkan dalam relief layar lebar. Terdapat macam jenis batuan, sumber daya mineral, serta susunan kristalnografi yang juga menjadi koleksi museum yang satu ini. Sedangkan di ruang sayap Timur lantai satu, para pengunjung akan menjelajahi sejarah pertemuan dan perkembangan makhluk hidup yang dikenal sebagai ruang sejarah kehidupan.

Di ruang Timur lantai dua, para pengunjung akan berjelajah tentang aspek positif dan negative tataan geologi bagi kehidupan manusia. Di sini, kamu bisa tahu manfaat, eksplorasi, eksploitasi, pengolahan dan pengelolaan sumber daya geologi bagi manusia. Berbagai aspek negatif dari geologi juga bisa didapat dari Museum Geologi Bandung.

Cek juga: Museum Angkut Malang

Pameran Penelitian, dan Alat Simulai di Museum

Selain pertunjukan berupa fosil-fosil, layar lebar dan beberapa koleksi mencengangkan di museum ini, ternyata kamu juga bisa melihat langsung pameran penelitian baru yang biasa diadakan oleh Museum Geologi Bandung ini. Bukan hanya itu saja, di dalam museum ini juga terdapat alat simulasi gempa yang akan mengobati rasa penasaran kamu tentang proses terjadinya gempa bumi.

Menyediakan Toko Souvenir

Tidak hanya sampai di situ saja, kamu bisa berbelanja oleh-oleh berupa souvenir dari Museum Geologi Bandung yang letaknya bisa kamu jumpai di sekitaran area bangunan museum tersebut. Wah, ternyata selain membawa pulang pengalaman menyenangkan, pelajaran, ternyata kamu juga bisa membawa cindera mata yang bisa menjadi kenang-kenangan museum ini saat kamu baru berkunjug ke Kota Bandung.

Intinya, hanya dengan harga tiket semurah itu kamu sudah bisa mendapatkan semua layanan, pertunjukan, serta ilmu pengetahuan jika mengunjungi Museum Geologi Bandung. Jadi, tidak perlu berpikir terlalu lama untuk memutuskan, sebab kamu bisa jalan-jalan sekaligus menambah wawasanmu tentang bumi dan kehidupan di dalamnya. Yuk, ke museum geologi!

Anda mungkin juga suka...